Mitos Kayu Tayuman

Mitos Kayu Tayuman - Hallo sahabat Manfaat Obat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mitos Kayu Tayuman, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mitos Kayu Tayuman
link : Mitos Kayu Tayuman

Baca juga


Mitos Kayu Tayuman

Kayu Tayuman termasuk tumbuhan perdu yang sudah langka di Jawa. Karakter Kayunya keras, berwarna coklat tua dan tenggelam didalam air dan mempunyai serat kayu yang lembut dan halus, warna teksturnya indah. Kayu Tayuman merupakan idola bagi para kolektor pusaka karena merupakan kayu terbaik untuk dijadikan deder/danganan keris pusaka. Karena tergolong tanaman perdu, pohon Tayuman tidak dapat tumbuh besar seperti pohon yang lain. Tempat tumbuh Tayuman seringkali berada di tebing maupun tanah berbatu. 

Kayu Tayuman memiliki galih berwarna merah kecoklatan dan hampir merata di setiap batangnya. Di galih Tayuman seringkali terdapat garis-garis merah yang menjadi alur umur dari sebuah kayu. Semakin tua sebuah pohon Tayuman, maka akan semakin gelap galih yang dimilikinya. Dominasi gelap dan semburat hitam menandakan semakin tua umur dari Tayuman itu sendiri. Kayu Tayuman cukup berat dan tinggi berat jenisnya, sehingga akan tenggelam bila direndam di dalam air. Bila tenggelamnya tidak dalam posisi rata dan datar, ukiran yang dikatakan terbuat dari kayu Tayuman patut dicurigai. Apalagi bila setelah ukiran itu tenggelam bagian bungkul (pantat) melayang ke atas. Ukiran yang demikian biasanya bukan terbuat dari kayu Tayuman, namun bagian dasar lubang pesinya diisi dengan timah (timbal) atau potongan paku. Selain memang kualitasnya sebagai bahan pembuat ukiran baik, kayu Tayuman dinggap memiliki daya magis atau tuah yang dapat “memelihara” isi keris.

Karakter Kayunya keras, berwarna coklat tua dan tenggelam didalam air....., tetapi mempunyai serat kayu yang lembut dan halus, warna teksturnya indah, muai susutnya kecil dan mudah dibentuk, untuk itulah Kayu Tayuman merupakan idola bagi para kolektor pusaka karena merupakan kayu terbaik untuk dijadikan deder/danganan keris pusaka.

Selain memang kwalitasnya sebagai pembuat ukiran/deder adalah yang terbaik, kayu tayuman oleh sebagian pecinta keris dianggap mempunyai daya magis atau tuah yang dapat 'memelihara' tuah yang terkandung dalam bilah kerisnya.
 
Dalam dunia metafisika Kayu Tayuman termasuk salah satu kayu bertuah dan diyakini mempunyai pancaran energi supernatural yang bagus dan berguna untuk memudahkan terwujutnya sebuah harapan bagi pemiliknya..........!!!


Demikianlah Artikel Mitos Kayu Tayuman

Sekianlah artikel Mitos Kayu Tayuman kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mitos Kayu Tayuman dengan alamat link https://manfaatobatini.blogspot.com/2017/03/mitos-kayu-tayuman.html

Subscribe to receive free email updates: